SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS BATUYANG
PUSKESMAS SIAGA *Senyum*Inovatif*Akuntabel*Goton royong*Amanah

Kamis, 20 Juni 2013

Sekilas PKM Batuyang

PUSKESMAS BATUYANG



Puskesmas Batuyang merupakan salah satu dari dua Puskesmas di wilayah Kecamatan Pringgabaya. Secara geografis berada di jalur jalan nasional/Negara lintas Lombok-Sumbawa, tepatnya di desa Batuyang kecamatan Pringgabaya. Adapun batas – batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

§    Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Suela & Desa Pringgabaya.
§    Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Labuhan Haji
§    Sebelah Timur merupakan Selat Alas.
§    Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Wanasaba.
Berdasarkan data administratif Kecamatan Pringgabaya, wilayah kerja Puskesmas Batuyang pada tahun 2012 terbagi menjadi 10 (sepuluh) desa yaitu 5 (lima) desa induk (Desa  Batuyang, Pohgading, Kerumut, Apitaik, dan Bagek Papan) serta 5 (lima) desa pemekaran (Desa Pohgading Timur, Teko, Anggaraksa, Tanak Gadang dan Telaga Waru). Dengan demikian jumlah Desa definitif wilayah kerja Puskesmas Batuyang sebanyak 10 desa yang terbagi menjadi 52 dusun.
Topografi wilayah kerja Puskesmas Batuyang rata-rata berupa daerah dataran dan ada juga daerah perbukitan di beberapa wilayah desa. Dan wilayah semua desa pada umumnya terdiri dari: lahan pemukiman penduduk, lahan pertanian, perkebunan dan pantai. Sedangkan menurut data proyeksi penduduk Kabupaten Lombok Timur Tahun 2012 jumlah penduduk wilayah kerja Puskesmas Batuyang yaitu 52.260 jiwa

Puskesmas Batuyang dengan luas wilayah 4.085 Km2 dan jumlah penduduk 52.260 jiwa, 7.433 rumah tangga, sehingga kepadatan penduduknya adalah 13.07 jiwa/Km2. Kepadatan penduduk di wilayah Puskesmas Batuyang tidak merata, desa terpadat adalah Desa Apitaik dengan kepadatan 23 jiwa /Km2, sedangkan terendah adalah Desa Anggaraksa dengan kepadatan penduduk 7 jiwa / Km2. 
Dalam menjalankan tugasnya sebagai pemberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pada tahun 2012 Puskesmas Batuyang mempunyai jaringan berupa: 3 (tiga) buah Puskesmas pembantu (Pustu), yaitu Pustu Kerumut, Pustu Apitaik dan Pustu Bagikpapan, serta 10 (Sepuluh) buah Polindes (Pondok Bersalin Desa) / Poskesdes (Pos Kesehatan Desa) yaitu: Polindes/poskesdes Pohgading, Pohgading Timur, Kerumut, Anggaraksa, Apitaik, Teko, Bagekpapan, Tanak Gadang, Telaga waru dan Senang.. Kemudian untuk pelayanan kesehatan di tingkat dusun sekarang dibantu dengan 62 buah Posyandu dan 16 Posyandu kolaborasi dengan pelayanan Karang Lansia.
 






0 komentar:

Posting Komentar